Arsip UGM Akuisisi Arsip UKM Menwa UGM dan Fakultas Kedokteran UGM

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

Dalam rangka menambah khazanah arsip dan menyelamatkan memori kolektif UGM, Arsip UGM terus mengembangkan program pengembangan khazanah arsip statis. Salah satu program yang dikembangkan adalah penarikan arsip dari unit-unit di lingkungan UGM. Unit tersebut tidak hanya unit kerja tetapi juga unit kegiatan mahasiswa (UKM).

img20161007100629

Tanggal 7 Oktober 2016, Arsip UGM berhasil mengakuisisi arsip dari Fakultas Kedokteran UGM berupa arsip-arsip tentang pengabdian UGM terkait pelaksanaan proyek rehabilitasi bencana gempa bumi di Nias, gempa dan tsunami di Aceh, serta pengembangan Universitas Tadulako. Arsip UGM juga berhasil mengakuisisi arsip dari UKM Satuan Resimen Mahasiswa Mahakarta DanYon I UGM pada tanggal 7 Oktober 2016. Arsip dari UKM Menwa yang diakuisisi berupa arsip-arsip tekstual terkait dinamika organisasi dan kegiatan-kegiatan Menwa UGM. Saat ini masih dilakukan pendampingan penataan arsip-arsip foto di UKM Menwa khususnya dalam penelusuran informasi identitas foto. Setelah dilakukan penataan, arsip foto tersebut selanjutnya akan diakuisisi oleh Arsip UGM.

whatsapp-image-2016-10-20-at-14-57-37

Meningkatnya kesadaran unit kerja dan sivitas akademika UGM dalam upaya penyelamatan arsip-arsip sangat membantu dalam menjaga dan menyelamatkan memori kolektif UGM. Dengan dikelolanya arsip-arsip tersebut oleh Arsip UGM diharapkan dapat didayagunakan lebih luas lagi baik untuk sivitas akademika maupun masyarakat luas dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan. Semoga langkah-langkah ini dapat diikuti oleh unit kerja, UKM, dan sivitas akademika UGM lainnya.

Trackback from your site.

Leave a comment