Arsip UGM bersama FORSIPAGAMA Benchmarking Kearsipan ke PT. KAI dan BPAD Jawa Barat

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

Arsip UGM sebagai lembaga pembina kearsipan di lingkungan UGM dengan salah satu tugasnya melakukan pembinaan SDM kearsipan, menyelenggarakan beanchmarking kearsipan ke PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 4 dan 5 Juni 2015 diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari Pimpinan dan staf Arsip UGM, serta arsiparis dan pengelola arsip dari berbagai unit kerja di lingkungan UGM yang bergabung dalam Forum Kearsipan Universitas Gadjah Mada (Forsipagama).

IMG_4927_

Agenda beanchmarking hari pertama Kamis 4 Juni 2015 ke Document Management PT. KAI yang berlokasi di Bandung. Rombongan diterima langsung oleh Vice President Document Management PT. KAI beserta tiga Document Manager yang membawahi bagian asset, umum, dan legal. Peserta diberi kesempatan melakukan audiensi dengan jajaran Pimpinan Document Management PT. KAI, mengunjungi central file, serta records center PT. KAI yang terdiri dari beberapa lokasi/gedung.

IMG_5033

Di BPAD Jawa Barat Jum’at 5 Juni 2015, peserta dapat mempelajari tentang preservasi arsip dan pengelolaan arsip statis. Berbagai sarana preservasi arsip serta teknik preservasi arsip diperagakan oleh pegawai BPAD Jawa Barat sehigga peserta beancmarking mendapat gambaran yang utuh. Di depo arsip, peserta dapat mempelajari tentang pengolahan arsip statis, pembuatan daftar inventaris arsip, serta tata letak depo arsip.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan para arsiparis dan pengelola arsip di UGM. selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana bersosialisasi dan membangun kebersamaan SDM kearsipan di UGM. oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini dapat diselenggarakan secara periodik dan berkelanjutan. (Musliichah)

Trackback from your site.

Leave a comment