Sejarah Singkat  Visi & Misi  Struktur Organisasi  Layanan Ruang Baca  Koleksi 
 Menu Utama
Depan
Buletin Khazanah
Buku Tamu
Materi Unduhan
MUSEUM & PAMERAN VIRTUAL
Galeri Foto
Galeri Film
 Aspirasi UGM
aspirasi ugm
 Link Terkait
UGM
Unesco Archives Portal
ANRI
ICA
ARMA
 File Unduhan
  Khazanah Maret 2014
  Khazanah November 2013
  Khazanah Juli 2013
  Khazanah Maret 2013
  Buletin Khazanah November 2012
  Buletin Khazanah Juli 2012
  Buletin Khazanah Maret 2012
  Materi Seminar Nasional Kearsipan 2011
  Arsip Audio Visual
  Buletin Khazanah November 2011
more...
  Jum'at, 23/04/2010 - 11:48 WIB
ARSIP UGM TERBITKAN PANDUAN AKSES DAN LAYANAN KEARSIPAN

Sejak berdiri pada tanggal 11 September 2004 Arsip UGM belum mempunyai panduan akses dan layanan kearsipan yang tertulis secara lengkap. Seiring perkembangan kelembagaan dan meningkatnya frekuensi kegiatan layanan, dipandang perlu adanya panduan tertulis yang dapat digunakan sebagai acuan bagi stakeholders baik internal maupun eksternal. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka pada bulan Januari – Maret 2010 Arsip UGM membuat panduan akses dan layanan kearsipan sesuai dengan jenis-jenis kegiatan layanan yang dilakukan oleh lembaga ini.

Panduan Akses dan Layanan Kearsipan ini mempunyai manfaat antara lain: Pertama, panduan tertulis dapat menjadi acuan yang pasti, baik bagi petugas layanan maupun pengguna layanan. Kedua, panduan tertulis bisa menjadi acuan yang digunakan secara berkelanjutan, meskipun terjadi perpindahan atau pergantian pimpinan dan staf pelaksana. Adapun tujuan diterbitkannya Panduan Akses dan Layanan Kearsipan ini adalah: (1) Terciptanya ketertiban, kemudahan, dan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan layanan; (2) Agar bisa menjadi alat kontrol kualitas; dan (3) Terwujudnya kepuasan pengguna/pelanggan.

Panduan ini terbagi dalam tiga bab, yakni: Bab I berisi tinjauan tentang aspek teoritis, pengembangan, dan aspek hukum. Bab II berisi paparan tentang hal-hal praktis yang berkaitan dengan akses dan layanan yang diterapkan di Arsip UGM, seperti ketentuan akses, ketentuan perijinan, cara menggunakan Daftar Koleksi Arsip, dan sebagainya. Bab III berisi deskripsi tentang jenis-jenis layanan seperti konsultasi kearsipan, peminjaman arsip, penggandaan arsip, magang, pendampingan, praktik kearsipan, seminar, diklat, pameran dan sebagainya, beserta prosedur mengenai jenis-jenis layanan tersebut. (Ari).

  INFORMASI LAINNYA
17/04/2014- Study Excursie “Being a True Practitioner” Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Brawijaya Malang
16/04/2014- Politeknik Negeri Semarang Studi Banding tentang Manajemen Record Center di Arsip UGM
17/03/2014- PKL Kearsipan Mahasiswa SV UGM dan UPBJJ UT Yogyakarta
10/03/2014- Dosen dan Arsiparis ISI Denpasar Studi Banding Kearsipan ke Arsip UGM
18/02/2014- Magang Kearsipan Politeknik Negeri Samarinda
11/02/2014- Pembelajaran E-Filing SMK Negeri 2 Purworejo di Arsip UGM
16/01/2014- Arsip UGM Melakukan Akuisisi Arsip Hukum dan Organisasi (HUKOR) UGM
16/01/2014- Humas UGM Menyerahkan Arsip ke Arsip UGM
20/12/2013- Penyerahan Arsip PTM dari Prof. (emr) Dr. Bimo Walgito Ke Arsip UGM
17/12/2013- Kunjungan Industri SMK Nasional Baureno Bojonegoro ke Arsip UGM
16/12/2013- Praktek Manajemen Arsip Inaktif Mahasiswa D3 Kearsipan Sekolah Vokasi UGM di Records Center Bersama Arsip UGM
13/12/2013- Arsip UGM Melakukan Preservasi Arsip Tekstual
10/12/2013- Pemutaran Film PTM Produksi Arsip UGM dalam Open House Indonesia Mengajar
10/12/2013- Observasi Lapangan AAI Jabar dan Universitas Padjajaran Bandung ke Arsip UGM
22/11/2013- Serah Terima Aplikasi SIKS dari ANRI kepada Arsip UGM
07/11/2013- Studi Banding Universitas Malikussaleh Aceh Utara
06/11/2013- Arsip UGM Menerima Kunjungan Dosen Pendidikan Sejarah UPI bandung
08/10/2013- Menyusur Jejak Dewan Penyantun UGM dari Hakim Wanita Pertama Indonesia
07/10/2013- Kunjungan Kantor Arsip Universitas Indonesia dan Kanwil Dirjen Pajak Wajib Pajak Besar Jakarta.
17/09/2013- Preservasi Arsip Foto di Arsip UGM
17/09/2013- Survey Persiapan Implementasi SIKS dari ANRI
17/09/2013- Penyerahan Arsip Senat Akademik Ke Arsip UGM
12/09/2013- Pelantikan Pengurus Forsipagama oleh Sekretaris Eksekutif UGM
12/09/2013- Penghargaan Arsiparis dan Pengelola Arsip Berprestasi sebagai Bentuk Apresiasi Arsip UGM kepada Petugas Kearsipan UGM
12/09/2013- Peringatan Dies IX Arsip Universitas Gadjah Mada
06/09/2013- Akuisisi Arsip Gadjah Mada University Press
04/09/2013- Membangun Kebersamaan dalam Profesi Kearsipan
04/09/2013- Penanaman "Ke-UGM-an" Pada Mahasiswa Baru Dengan Berburu Informasi Tokoh UGM Melalui Arsip
01/09/2013- LOGO FORSIPAGAMA (Forum Kearsipan UGM)
30/08/2013- Forsipagama, Forum Kearsipan UGM
Hlm. | 1 | 2 | 3 | 4 |
 Pencarian Arsip (SiKS)
SIKS
 UGM in Memories

15 April 1995

Penganugerahan Doktor HC kepada Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita

19 April 1965

Peringatan Pantja Warsa Balai Pembinaan Administrasi UGM

26 April 1971

Persetujuan Penggunaan Tanah UGM di Demangan untuk Yayasan Hatta

 Buku Tamu
05-04-2014 13:31
mulyanto: assalamualaikum....maaf mohon diberikan contoh tentang membuat kebijakan akuisisi sebuaj arsip....trimakasih...
03-04-2014 15:04
sarbani: Inems itu program persuratan yang ditujukan langsung ke pejabat yang bersakutan. Instansi kami surat tersebut diminta untuk dibuatkan kedali dan kartu disposisi padahal kami yang bertugas persuratan hanya diberi cetak print yang tidak berwarna (cap stempl basah). ini sama saja kami diberi kopi surat. Bagaimana solusi tentang Inems tersebut. Terima kasih
02-04-2014 09:26
abdul mufid: mohon informasi tentang pelatihan kearsipan. apakah perorangan bisa belajar atau pelatihan tentang pengelolaan arsip, hal-hal yang berkaitan dengan arsip di arsip UGM?bagaimana prosedurnya dan apakah ada biaya yang harus di tanggung peserta? terima kasih
more...
Nama
Email
Pesan 
 
              
              
   357,691 visitors
2014 © Arsip Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Gedung L3 Lantai 3 Komplek Perpustakaan UGM, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 6492151, 6492152, Fax. (0274) 582907, Email. arsip[at]ugm.ac.id