Pembinaan Kearsipan: Peran SDM Kearsipan dalam Mendukung Kegiatan Penelitian


Tanggal 3 Juli 2017, Arsip UGM melakukan pembinaan kearsipan kepada SDM kearsipan di lingkungan UGM dengan tema “Peran SDM Kearsipan dalam Mendukung Kegiatan Penelitian”. Arsip UGM menghadirkan Dra. Suwarni sebagai pembicara pada Pembinaan SDM kali ini. Dra. Suwarni pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Database Arsip UGM sebelum purna tugas.

Tema ini diambil dengan alasan bahwa Arsip sebagai salah satu sumber informasi juga dimanfaatkan oleh peneliti maupun penulis dalam rangka penelusuran sejarah ataupun keperluan lainnya. Oleh karena itu, SDM kearsipan dituntut untuk mampu menyajikan arsip agar dapat dimanfaatkan oleh peneliti/penulis, sehingga informasi yang didapatkan dari arsip lengkap, utuh, otentik, dan dapat dipercaya.

Dra. Suwarni berbagi pengalaman mengenai penggunaan arsip sebagai salah satu sumber informasi penelitian maupun penulisan dari sisi peneliti/penulis maupun petugas arsip. Diharapkan SDM kearsipan dalam melihat sisi manfaat arsip berdasar imbal balik dari peneliti/penulis sehingga kedepannya SDM kearsipan dalam pengelolaan arsipnya lebih memperhatikan nilai guna arsip secara berkelanjutan.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*