Khazanah Maret 2016

Written by Arsip UGM on . Posted in Khazanah Kearsipan

Khazanah Edisi Maret 2016 menghadirkan beragam kajian kearsipan dari aspek konseptual kelembagaan hingga teknis tentang aplikasi di bidang kearsipan. Artikel pertama dalam Kolom Opini yang ditulis oleh Herman Setyawan memberikan gambaran tentang konsep penyelenggaraan lembaga kearsipan dalam sistem kearsipan di Indonesia setelah terbitnya UU No. 43 Tahun 2009. Sebuah kesadaran kolektif dari pimpinan, penyelenggaran lembaga kearsipan, SDM kearsipan/arsiparis maupun masyarakat umum diperlukan dalam mewujudkan sistem kearsipan nasional yang diamanatkan UU 43 Tahun 2009. A big statement for an awareness “Arsip Penting” seharusnya tak hanya sebatas retorika belaka. Dua artikel Kolom Opini lainnya memberikan inspirasi dalam pemanfaatan teknologi internet untuk membangun sebuah aplikasi kearsipan. Annisa Ni’matussholiha menyajikan aplikasi Google Drive untuk manajemen penyimpanan arsip elektronik bagi pelajar. Heri Abi Burachman Hakim menyajikan sebuah aplikasi bernama Omeka untuk mengelola arsip digital dalam berbagai format. Dua artikel ini sangat relevan dengan tuntutan penyelenggaraan kearsipan dalam manajemen modern saat ini.

Ulasan informasi tentang khazanah arsip yang tersimpan di Arsip UGM disajikan dalam Kolom Telisik. Telisik kali ini menyajikan hasil penelusuran Zaenudin tentang Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4) Universitas Gadjah Mada. Artikel ini memberikan ulasan sejarah perkembangan kelembagaan KP4 UGM berdasarkan sumber-sumber arsip yang ada di Arsip UGM. Kolom Resensi menghadirkan hasil resensi sebuah buku berjudul “Agung Bercerita Arsip”. Resensi yang ditulis oleh Musliichah ini memberikan pemahaman baru tentang arsip dari perspektif masyarakat pelaku kearsipan. Hasil resensi ini menyampaikan bahwa pengalaman yang ditulis banyak bercerita tentang arsip elektronik.

Edisi kali ini secara keseluruhan banyak materi tentang arsip elektronik yang disajikan, baik dalam Kolom Opini maupun Resensi. Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi dan panduan bagi pembaca dalam melakukan aktivitas kearsipan untuk kepentingan institusi maupun dalam kehidupan pribadi. Selamat membaca semoga dapat menjadi bahan referensi dan sumber inspirasi kita semua.

Unduh Khazanah Edisi Maret 2016

Trackback from your site.

Leave a comment