Khazanah November 2015

Written by Arsip UGM on . Posted in Khazanah Kearsipan

Khazanah Edisi Maret 2015 menghadirkan beragam kajian kearsipan dari naskah pemenang Lomba Karya Tulis Kearsipan (LKTK) yang diselenggarakan oleh Arsip UGM untuk kategori umum. Ada tiga naskah dari tiga pemenang yang kami sajikan. Pertama, “Strategi Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja Kearsipan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” oleh Azmi (Pemenang I). Kedua, “Implementasi Knowlegde Management dalam Optimalisasi Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi” oleh Agus Santoso (Pemenang II). Ketiga, “Penerapan Teknologi Informasi dalam Penyelenggaraan Kearsipan Statis Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI): Merajut Nusantara Menjadi Indonesia” oleh Tri Yekti Mufidati (Pemenang III). Ketiga naskah ini dapat dibaca di Kolom Opini.

Ulasan informasi tentang khazanah arsip yang tersimpan di Arsip UGM disajikan dalam Kolom Telisik. Telisik kali ini menyajikan hasil penelusuran Ully Isnaeni Effendi tentang sejarah pembangunan asrama mahasiswa di UGM yang memberikan gambaran tentang dinamika kehidupan sosial mahasiswa khususnya pemondokan mahasiswa pada masa awal UGM berdiri.

Media arsip saat ini telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tren arsip elektronik menjadi hal yang harus disadari dan ditangkap oleh para pengelola arsip untuk merancang bagaimana mengelola arsip elektronik. Informasi mengenai hal ihwal seputar pengelolaan arsip elektronik dapat dibaca pada Kolom Resensi. Kolom Resensi kali ini kami hadirkan tulisan Heri Santosa berjudul “Pengelolaan Arsip Elektronik”. Komitmen dan upaya Arsip UGM untuk terus berperan serta dalam sosialisasi kearsipan serta berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang kearsipan kepada seluruh masyarakat dalam bentuk penerbitan Khazanah, semoga menjadi pendorong pembangunan kearsipan di Indonesia. Akhir kata, selamat membaca semoga dapat menjadi bahan referensi dan sumber inspirasi.

Unduh Khazanah Kearsipan edisi November 2015

Trackback from your site.

Leave a comment