Pembinaan Kearsipan bagi Pengelola Arsip Pusat Studi di Lingkungan UGM

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam bidang kearsipan, Arsip UGM menyelenggarakan kegiatan pembinaan kearsipan bagi pengelola arsip pusat studi di lingkungan UGM. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Februari 2017, di Ruang Sidang Arsip UGM.

Kegiatan ini, dibuka oleh Kepala Arsip UGM, Dra. Tristiana Chandra Dewi, S.IP., M.Si., dan dilanjutkan dengan pengenalan tentang lembaga kearsipan oleh Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip UGM. Untuk memberikan pemahaman yang lebih konkrit, dua orang arsiparis melakukan simulasi pengolahan arsip aktif dan inaktif. Simulasi ini bertujuan untuk memvisualisasaikan cara pengolahan arsip baik itu sistem yang digunakan dan sarana penyimpanan yang sesuai standar, seperti map gantung, folder, guide, filing cabinet, boks arsip, dan kertas pembungkus arsip.

Selanjutnya diadakan penjaringan aspirasi mengenai permasalahan yang dialami oleh pusat studi dalam hal pengolahan arsip dinamis. Hal ini bertujuan agar pembinaan yang dilakukan di setiap unit kerja sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Arsip UGM, selaku lembaga Pembina kearsipan di lingkungan UGM akan melakukan pembinaan kearsipan secara berkelanjutan terhadap seluruh unit kerja yang ada di UGM.

Trackback from your site.

Leave a comment