Sebanyak 100 Peserta Workshop Kearsipan DIKTI Melakukan Kunjungan ke Arsip UGM

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

IMG_3253.resized

Sebanyak   100 peserta Workshop Implementasi Pembentukan Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis Regional II yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan kunjungan ke Arsip Universitas Gadjah Mada pada hari jumat, 3 Oktober 2014. Kunjungan dilakukan dalam rangkaian kegiatan workshop kearsipan yang diikuti oleh unsur pimpinan dan petugas kearsipan dari PTN dan Kopertis Regional II.

IMG_3260.resized Workshop ini diselenggarakan untuk mendorong PTN di Indonesia untuk mendirikan lembaga kearsipan perguruan tinggi sesuai dengan amanat UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Rangkaian kegiatan workshop telah dimulai sejak tanggal 2 Oktober 2014 sampai dengan 4 Oktober 2014 di Sahid Rich Hotel Yogyakarta. Kunjungan ke Arsip UGM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta workshop tentang potret lembaga kearsipan perguruan tinggi sekaligus mengetahui seluk beluk perintisan, pendirian, dan pengembangan arsip perguruan tinggi.

IMG_3263.resized Dipilihnya Arsip UGM sebagai tempat studi/ kunjungan karena Arsip UGM merupakan arsip perguruan tinggi pertama di Indonesia sekaligus sebagai pilot project lembaga kearsipan perguruan tinggi. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, peserta workshop diterima langsung oleh Kepala Bidang Database Arsip UGM. Dalam sambutan dan paparannya, beliau menyampaikan pengalaman UGM dalam merintis pendirian lembaga kearsipan perguruan tinggi dan strategi pengembangannya. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata, peserta diajak langsung mengunjungi ruang depo arsip statis, records center, serta ruang layanan arsip. Dengan kunjungan ini, diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi PTN yang belum memiliki lembaga kearsipan perguruan tinggi untuk segera membentuk/ mendirikan arsip perguruan tinggi. (Musliichah)

Trackback from your site.

Leave a comment