Study Excursie “Being a True Practitioner” Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Brawijaya Malang

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

40 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya bidang keahlian Perpustakaan dan Arsip yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Kearsipan Universtas Brawijaya Malang melakukan kegiatan study excursie “Being a True Practitioner”. Kegiatan dilakukan dengan berkunjung ke Arsip UGM pada hari Rabu tanggal 16 April 2014. Kunjungan yang dipimpin oleh Wahyu Setyawan, SH. MH. diterima langsung oleh Kepala Arsip UGM Drs. Machmoed Effendhie, M. Hum. didampingi oleh Kabid Database Arsip UGM Dra. Enny Kusumindarti W.

Dalam sambutannya Kepala Arsip UGM menyampaikan wacana judicial review terhadap UU 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan untuk pengembangan kearsipan di Indonesia. Disampaikan pula visi Arsip UGM untuk menjadi center of excellence, sebagai pusat layanan informasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan tersendat karena arsip-arsip sebagai sumber pengetahuan tidak terdokumentasikan dengan baik. Hal ini salah satunya disebabkan yang berkembang dimasyarakat adalah budaya oral dan budaya tulis bangsa kita masih rendah.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kepala Arsip serta tanya jawab tentang manajemen lembaga kearsipan dan pengelolaan arsip, mahasiswa dengan didampingi oleh para arsiparis UGM melihat langsung pengolahan dan penyimpanan arsip di Record Center, Depo Arsip Tekstual dan Kartografi, dan Depo Arsip Audio Visual. Mahasiswa juga antusias melihat peralatan dan bahan-bahan restorasi arsip dan praktek penelusuran arsip statis menggunakan Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) di Ruang Layanan Arsip UGM. (Musliichah)

Trackback from your site.

Leave a comment