Tata Cara Pemilihan Rektor UGM dari Tahun 1950 – 2012

Written by Arsip UGM on . Posted in Telisik

“Alhamdulillah kami sudah punya pejabat rektor dengan legitimasi kuat,” kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Sofian Effendi saat mengumumkan hasil pemungutan suara di Gedung Pusat UGM, Kamis 22 Maret 2012. Melalui putaran akhir pemungutan suara MWA UGM, Prof. Pratikno, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik UGM, meraih kemenangan telak dalam pemilihan rektor periode 2012-2017 (http://www.tempo.com).

Prof. Dr. Pratikno terpilih menjadi Rektor UGM periode 2012-2017. Pratikno menjadi peraih suara terbanyak dalam pemilihan yang digelar oleh MWA dengan 26 suara. Sidang pleno MWA digelar di Balai Senat Gedung Pusat UGM Bulaksumur Yogyakarta, Kamis (22/3/2012). Sidang dipimpin langsung oleh Ketua MWA Prof. Dr. Sofian Effendi. Dalam pemilihan itu, Pratikno memperoleh 26 suara, Marsudi Triatmodjo sebanyak 5 suara dan Danang Parikesit 1 suara. Saat penghitungan suara semua civitas akademik UGM menyaksikan dari layar televisi yang dipasang di Balairung UGM. Setelah penghitungan akhir selesai dan Pratikno dinyatakan sebagai rektor terpilih periode 2012-2017, Pratikno akan menggantikan Prof. Dr. Ir. Sudjarwadi. (http://news.detik.com).

Sebagai lembaga kearsipan UGM, Arsip UGM memiliki khasanah arsip tentang kegiatan pemilihan rektor, yang terdiri dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah RI, Keputusan Presiden, Surat Keputusan Presidium UGM, Peraturan Senat UGM, Keputusan Senat Akademik Sementara (SAS), Keputusan MWA UGM dan beberapa khazanah kliping media.

Trackback from your site.

Leave a comment