Khazanah Arsip Pendirian dan Jati Diri UGM

Universitas Gadjah Mada lahir dari kancah revolusi. UGM pada awal berdirinya didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi pendidikan dan pengajaran tinggi. Bukti-bukti tersebut semua terekam dalam arsip. Arsip Universitas Gadjah Mada merupakan lembaga kearsipan perguruan tinggi di lingkungan UGM. Sesuai amanat UU No. 43 tentang Kearsipan, Arsip UGM bertanggungjawab mengelola arsip statis (arsip bernilai sejarah) UGM. Arsip UGM menyimpan arsip-arsip terkait pendirian dan perkembangan UGM, diantaranya :

  1. Peraturan Pemerintah Pendidian UGM yaitu PP 23 TAHUN 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit (AS/SC.PM/2.1)
  2. Statuta Pertama UGM PP No. 37 Tahun 1950 (AS1/SC.PM/2.3)
  3. Riwayat Universitas Gadjah Mada ditulis oleh Prof. Dr. Sarjito dan Prof. Ir. H. Johannes (AS1/SC.PM/2.1)
  4. Separatum Perjuangan UGM ditulis oleh Prof. Dr. Sardjito dan Prof. Ir. H. Johannes (AS2/SC.SU/1)
  5. Melengkapkan Susunan UGM Tahun 1955 (AS1/SC.PM/2.2)
  6. Pedoman UGM tahun 1956-1957 (AS/RC.BP/1)
  7. Statuta UGM Tahun 1977 (AS/SC.PM/2.5)
  8. Statuta UGM Tahun 1992 (AS3/SC.PM/181)

Informasi tentang sejarah dan jati diri UGM dapat ditelusuri dari sumber informasi primer yakni arsip-arsip tentang UGM yang dapat diakses di Arsip UGM maupun tulisan-tulisan tentang sejarah, jati diri, dan perkembangan UGM yang ditulis berdasarkan arsip-arsip. Tulisan-tulisan tersebut tersaji dalam menu “TELISIK” pada web Arsip UGM.

Comments (1)

  • Sarbani

    |

    Menampilkan Arsip-arsip seperti ini akan banyak membantu fakultas yang ada di UGM terutama untuk penyusunan buku sejarah fakultas dll. ini bentuk langkah yang sangat positif bagi kantor arsip UGM

    Reply

Leave a comment