Oleh : Farhah Faridah
Tertib pengelolaan arsip kepegawaian untuk mewujudkan proses kenaikan pangkat/jabatan dosen tidak terlepas dari peran SDM kepegawaian yang kompeten. Penelitian ini membahas tentang peran arsip kepegawaian dalam kenaikan pangkat/jabatan dosen di Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penting arsip/data kepegawaian sebagai sumber informasi dapat mendukung proses kenaikan pangkat/jabatan dosen, faktor yang mempengaruhi percepatan kenaikan pangkat/jabatan dosen dan kendala dalam proses kenaikan pangkat/jabatan dosen tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview, kuesioner dan dokumentasi. Retensi arsip perseorangan berdasarkan Peraturan Rektor IPB 13/IT3/TU/2020, memiliki masa simpan yang cukup lama dan bersifat aktif sampai individu PNS pensiun ditambah masa inaktif sembilan tahun. Arsip kepegawaian berperan penting dalam percepatan kenaikan pangkat/jabatan dosen. Hasil penelitian tentang peran arsip kepegawaian dalam kenaikan pangkat/jabatan dosen meliputi pengelolaan arsip kepegawaian dan ketersediaan SDM yang kompeten, dosen dan jenjang jabatan fungsional/pangkatnya, prosedur pengumpulan dokumen dosen, ketersediaan prosedur operasional baku (POB) kenaikan pangkat/jabatan dosen, peran arsip kepegawaian dan bagaimana pengelolaan arsip dari mulai diciptakan, digunakan dan dipelihara hingga disusutkan. Kendala yang mempengaruhi peran arsip dalam menunjang kenaikan pangkat/jabatan dosen adalah motivasi dosen, SDM di bidang teknologi informasi (IT) dan sumberdaya organisasi.
Artikel ini merupakan salah satu artikel dalam Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. Kunjungi laman Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan untuk membaca lebih lanjut atau mengunduh.