• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Layanan TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
ARSIP
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Pendirian
    • Visi dan Misi
    • Organisasi Kelembagaan
    • Hubungi Kami
  • Layanan
    • Konsultasi
    • Akses Arsip
    • PKL – Magang – Pelatihan
    • Kunjungan Arsip UGM
  • Publikasi
    • Jurnal Kearsipan
    • Prosiding
    • Majalah Forsipagama
    • Naskah Sumber
    • Film Dokumenter
    • Pameran
    • Seminar
  • Khazanah
  • Beranda
  • Opini
  • Sistem Pengelolaan Arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi

Sistem Pengelolaan Arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi

  • Opini
  • 28 April 2023, 10.54
  • Oleh: arsip
  • 0

Oleh : Awalia Latifa Mayda Ikrimah

Arsip-arsip yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi sangat beragam dan mengalami pertambahan setiap harinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pengelolaan arsip di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi meliputi jadwal retensi arsip dan proses pemusnahan arsip. Penelitian menggunakan metode metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey dan instrument penelitian wawancara terstruktur. Partisipan yang diwawancara merupakan seorang arsiparis yang berkerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi dengan jabatan arsiparis ahli muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi menggunakan sistem digital dalam mengelola sebagian arsip. Selain itu, kegiatan penyusunan jadwal retensi arsip dilakukan oleh Lembaga Kearsipan Daerah setempat, serta proses pemusnahan arsip tidak mengikutsertakan seluruh arsip dikarenakan banyaknya arsip vital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi. Penerapan jadwal retensi arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi membuat sistem pengelolaan arsip yang efesien dan efektif.

Artikel ini merupakan salah satu artikel dalam Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. Kunjungi laman Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan untuk membaca lebih lanjut atau mengunduh.

Opini

  • Membaca Ulang Konsep Arsip Total: Definisi, Filosofi dan Dinamika Perkembangan
  • Sistem Pengelolaan Arsip pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi
  • Pameran Arsip Virtual pada Lembaga Kearsipan sebagai Upaya Peningkatan Penjangkauan Kearsipan: Studi Kasus di Arsip Nasional Republik Indonesia
  • Pameran Arsip Universitas Gadjah Mada 2021 Kronik Gedung Pantjadarma pada Memori Warisan Budaya
  • Identifikasi Arsip Digital dengan Pendekatan Machine Learning

Arsip UGM Terakreditasi A

Arsip UGM tergabung dalam ICA

Universitas Gadjah Mada

Arsip Universitas Gadjah Mada

Gedung L7 Lantai 2, Komplek Perpustakaan UGM

Bulaksumur, Yogyakarta – 55281

Indonesia

Email. arsip[at]ugm.ac.id

Telp. (+62-274) 582907 (fax), 6492151, 6492152

 Hubungi Kami
 Youtube Arsip UGM
 Instagram Arsip UGM

Sistem Informasi Kearsipan

  • Sistem Informasi Kearsipan Statis

Layanan Kearsipan

  • Konsultasi
  • Akses Arsip
  • PKL – Magang – Pelatihan
  • Kunjungan Arsip UGM

Publikasi Kearsipan

  • Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan
  • Naskah Sumber
  • Film Dokumenter
  • Pameran
  • Seminar

© Arsip Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju