• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Layanan TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
ARSIP
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Pendirian
    • Visi dan Misi
    • Organisasi Kelembagaan
  • Layanan
    • Konsultasi
    • Akses Arsip
    • PKL – Magang – Pelatihan
  • Publikasi
    • Jurnal Kearsipan
    • Naskah Sumber
    • Film Dokumenter
    • Pameran
    • Seminar
  • Khazanah
  • Beranda
  • Rilis
  • Arsip UGM Sosialisasikan NSPK Kearsipan di Lingkungan UGM

Arsip UGM Sosialisasikan NSPK Kearsipan di Lingkungan UGM

  • Rilis
  • 9 Februari 2021, 14.53
  • Oleh: arsip
  • 0

Pada Selasa, 9 Februari 2021, Arsip Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan sosialisasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) di lingkungan UGM secara daring yang meliputi Peraturan Rektor no. 13 Tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan UGM, Peraturan Rektor UGM Nomor 16 Tahun 2019 tentang Klasifikasi Arsip di Lingkungan UGM, Peraturan Rektor UGM Nomor 2 Tahun 2020 tentang Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan UGM, dan Peraturan Rektor UGM Nomor 4 Tahun 2020 tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis di Lingkungan UGM. Sosialisasi diikuti oleh 89 peserta yang terdiri dari para kepala kantor administrasi fakultas, kepala subdirektorat, kepala pusat studi, kepala bidang, dan kepala bagian unit kerja di lingkungan UGM.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip UGM. Pada sesi pertama, materi tentang Tata Naskah Dinas, Endri Heriyanto, S.H., M.Kn. menegaskan bahwa pengelolaan arsip dimulai sejak arsip diciptakan, sehingga akan memudahkan pengelolaan selanjutnya. Memperkuat bahasan tata naskah dinas, Farida Yuliani S.S., M.A., menyampaikan tentang Peraturan Rektor UGM Nomor 13 Tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan UGM. Segala jenis naskah dinas yang tercipta di lingkungan UGM hendaknya berpedoman pada peraturan tersebut.

Pada sesi terakhir, Musliichah, S.IP., M.A., menyampaikan pentingnya penggunaan instrumen pengelolaan arsip dinamis. Ketiadaan instumen tersebut akan menimbulkan berbagai permasalahan  diantaranya arsip yang tercipta tidak autentik dan reliabel, kebocoran informasi arsip, penyusutan tidak sesuai prosedur, dan hilangnya arsip.

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terakhir

  • Arsip UGM Melepas Dra. Eny Kusumindarti Wahyuningrum Setelah 9 Tahun Mengabdi
  • Arsiparis Arsip UGM Borong Penghargaan Insan Berprestasi UGM 2020
  • Arsip UGM Laksanakan Sterilisasi Arsip Statis
  • Untuk Ketiga Kalinya, Senat Akademik Menyerahkan Arsip Kepada Arsip UGM
  • Enam Belas Tahun Arsip UGM Mengabdi untuk UGM & Indonesia

Arsip UGM Terakreditasi A

Arsip UGM tergabung dalam ICA

Universitas Gadjah Mada

Arsip Universitas Gadjah Mada

Gedung L7 Lantai 2, Komplek Perpustakaan UGM

Bulaksumur, Yogyakarta – 55281

Indonesia

Email. arsip[at]ugm.ac.id

Telp. (+62-274) 582907 (fax), 6492151, 6492152

Sistem Informasi Kearsipan

  • Sistem Persuratan Internal
  • Sistem Informasi Kearsipan Inaktif
  • Sistem Informasi Kearsipan Statis

Layanan Kearsipan

  • Konsultasi
  • Akses Arsip
  • PKL – Magang – Pelatihan

Publikasi Kearsipan

  • Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan
  • Naskah Sumber
  • Film Dokumenter
  • Pameran
  • Seminar

© Arsip Universitas Gadjah Mada

KontakPeta Situs

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

We use cookies to ensure that we give you the best experience on our website. If you continue to use this site we will assume that you are happy with it.Accept