Program Peningkatan Kapasitas Internasional, Training on Records and Archives Digitalization 2023 di Arsip UGM

Dalam rangkaian program peningkatan kapasitas internasional, Training on Records and Archives Digitalization 2023, sebanyak 20 peserta dari 7 negara, mengunjungi Bidang Arsip, Perpustakaan dan Arsip Universitas Gadjah Mada pada Jumat, 20 Oktober 2023.
Kegiatan tersebut merupakan kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) antara Kementerian Sekretariat Negara bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan KOICA.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunjungan dibuka dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan dan Arsip, Drs. Nawang Purwanti, M.Lib. dan Kepala Bidang Arsip, Dyana Rakhmasari Kusumaningsih, S.E., M.Ec.Dev. Kepala Bidang Arsip menyambut dengan hangat para peserta yang berasal dari berbagai negara di antaranya Cambodia, Fiji, Lao PDR, Papua New Guinea, The Philippines, Timor Leste, dan Vietnam. Peserta merupakan pejabat pemerintah dari Arsip Nasional dan bidang yang menangani arsip di masing-masing negara.

Harapannya kerja sama ini akan terus berlanjut dan dapat saling memperkokoh dalam rangka membangun dan mengembangkan digitasi di masing-masing negara dan menjadi masukan bagi Arsip UGM untuk lebih mengembangkan aspek digital ke depannya.

Hal ini sesuai yang disampaikan oleh Ima, salah satu perwakilan dari Kemensetneg “We hope we can visit Gadjah Mada University in the future”.

Selain paparan materi, peserta juga melihat langsung proses digitasi dan digitalisasi arsip di Arsip UGM. Peserta nampak antusias karena mendapat wawasan baru terkait pengelolaan dan manajemen arsip digital. Tak hanya itu, peserta juga membagikan pengalaman mereka dalam mengelola arsip digital di negara masing-masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.