Seminar Nasional dan Kongres PAPTI 2023

Kepala Bidang Arsip Universitas Gadjah Mada menghadiri Seminar dan Kongres Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia (PAPTI) ke-3 yang diselengarakan oleh PAPTI bekerja sama dengan Kantor Arsip Universitas Indonesia pada 2-4 November 2023 di Depok.

Kegiatan pada hari ke pertama bertempat di hotel Savero dengan agenda perkenalan, pemutakhiran data, dan penyusunan program kerja PAPTI 2023-2026. Arsip Universitas harus mendapatkan dukungan dari pimpinan universitas untuk dapat berkembang dan berinovasi. Tahun depan diharapkan anggota PAPTI dapat bertambah dari PTN dan PTS, baik di wilayah Barat, Tengah, maupun Timur.

Pada hari ke dua, seminar dilaksanakan di Makara Art Center Kampus UI Depok, selaku Keynote Speaker, Drs. Djoko Utomo, M.A. (Kepala ANRI 2004 – 2009), dilanjjutkan paparan 3 narasumber yaitu:

Ir. Windy Gambetta, M.B.A (ITB – Pusat Artificial Intellegence)

Dr. Fariz Darari (UI Fasikom Tokopedia – UI AI Center)

Yuan Oktafian (Multistakeholder Advisory Group of Indonesia Governance Forum – MAG ID – IGF)

Seminar dibuka oleh Sekretaris Universitas UI, Dr. Agustin Kusumayanti, Ph.D. bersama Ketua Umum PAPTI, Prof. Prof. Dr. H. Nandang Alamsyah Deliarnoor, S.A.P., S.H., M. Hum. dan Kepala Kantor Arsip UI, Wahid Nurfiantara, S. Hum.,  M.T.I.

Sebagai organisasi yang mengelola banyak dokumen berbasis teks, gambar, dan video kearsipan perlu untuk mengetahui cara pengelolaan arsip menggunakan teknologi terkini, AI (Artificial Intelligence). Terlebih jika merujuk ke banyak lembaga kearsipan, maka jumlah dan ragam koleksinya sangat variatif. Mulai dari kesejarahan (karya sastra masa lampau, manuscript kerajaan di Indonesia), institusional/kelembagaan (laporan tahunan, kebijakan organisasi, notula rapat dewan organisasi, pengetahuan perusahaan), budaya populer yang diterbitkan oleh masyarakat (komik, majalah, surat kabar, dsb), hingga pengelolaan dokumen dan data penelitian seperti yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Meningkatnya kebutuhan akan informasi dan ketersediaan khazanah, Arsiparis perlu mengenal cara kerja  machine learning (baca: supervised – unsupervised) serta contoh penerapan dalam keseharian. Diharapkan Arsiparis mampu untuk memetakan potensi AI dapat digunakan dalam membantu proses bisnis dan pengelolaan dokumen dan arsip dalam organisasi.

Agenda selanjutnya adalah Kongres PAPTI yang menghasilkan keputusan antara lain pemilihan Ketua Umum dan Pengurus PAPTI untuk masa bakti 3 tahun berikutnya. Selain itu juga disusun program kerja dan langkah inovatif yang akan diambil PAPTI untuk mengembangkan Arsip Perguruan Tinggi di Indonesia. Ketua Umum PAPTI periode 2023-2026, secara aklamasi terpilih kembali Prof. Prof. Dr. H. Nandang Alamsyah Deliarnoor, S.A.P., S.H., M. Hum.

Agenda hari terakhir, dilaksanakan tour de campus UI Depok, untuk melihat fasilitas yang ada di kampus tersebut.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.