Pameran Arsip Semarakkan Dialog Kebangsaan PSP

Written by Arsip UGM on . Posted in Rilis

Pada hari Rabu, 7 Mei 2014 bertempat di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM Arsip UGM menggelar pameran kearsipan. Pameran diselenggarakan dalam event Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Pancasila UGM bertema “Kontribusi Ilmu dan Amal Mahasiswa Bagi Negara” dengan pembicara Sri Sultan HB X, Prof. Dr. Sudjito, MH. (Kepala PSP UGM), Dr. Bernada Meterey (Ketua PPKN Universitas Cendrawasih), Dr. Rusli Yusuf (Universitas Syiah Kuala Banda Aceh), Aditya Herwin Dwiputra (Ketua BEM KM UGM) dengan moderator wartawan senior Drs. Octo Lampito, M.Pd.

Dalam acara yang dihadiri oleh wartawan senior, sejarawan, pejabat pemerintah daerah, dan ratusan mahasiswa perwakilan seluruh elemen mahasiswa se-Indonesia, baik mewakili universitas/ perguruan tinggi maupun organisasi kemahasiswaan di Indonesia, pameran kearsipan Arsip UGM mengusung tema “Ilmu untuk Amal”. Materi yang dipamerkan diantaranya Foto peresmian Gedung Pusat UGM oleh Ir. Soekarno, Foto penganugerahan Doktor Honoris Causa Ir. Soekarno, foto-foto reformasi tahun 1998-1999, foto KKN Mahasiswa UGM di pulau Jawa dan luar Jawa, foto seminar yang diselenggarakan oleh BEM UGM tentang Kembali ke UUD 1945 dan Follow-upnya tahun 1969 beserta naskah pidato/ sambutan tertulis Ir. Soekarno dalam seminar tahun 1969 tersebut yang berjudul “Ilmu untuk Amal, Bukan Ilmu yang Steril”.

pemeran semnas di pkkh 07-05_

Penyelenggaraan pameran kearsipan dalam acara tersebut sebagai media mensosialisasikan khazanah arsip khususnya yang ada di Arsip UGM kepada para mahasiswa dan masyarakat umum. Dengan harapan arsip dapat didayagunakan oleh seluruh masyarakat khususnya mahasiswa sebagai agent of change sebagai sumber referensi sekaligus sebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan ilmu dan pengamalannya. (Musliichah)

Trackback from your site.

Leave a comment