Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Institut Pertanian Bogor Studi Banding ke Perpustakaan dan Arsip UGM

Sumber daya manusia kearsipan di Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melakukan studi banding pada Bidang Arsip, Perpustakaan dan Arsip UGM dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Studi banding dilaksanakan pada Kamis, 11 Juli 2024, dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan dan Arsip UGM didampingi Kepala Bidang Arsip, Kepala Bidang Perpustakaan, Kepala Bidang Data dan Sistem Informasi Perpustakaan dan Arsip UGM, dan arsiparis.

Pada waktu yang sama Institut Pertanian Bogor melakukan studi tiru untuk pengembangan layanan perpustakaan dan arsip di lingkungan Institut Pertanian Bogor di Bidang Arsip sehingga dapat menjadi referensi untuk diimplementasikan di unit kerja di lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Farhah Faridah, S.E., M.Si., selaku Supervisor Pengelolaan Arsip di Institut Pertanian Bogor menyampaikan tujuan studi tiru yaitu ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan pengelolaan arsip statis perguruan tinggi, serta pengelolaan record center yang telah dilakukan di Bidang Arsip.

Setelah berdiskusi terkait pengelolaan arsip, para peserta studi banding dari kedua instansi tersebut diajak untuk berwisata arsip, berkeliling untuk melihat secara langsung pengelolaan arsip, alih media, preservasi, serta penataan, penyimpanan arsip statis di depo arsip dan pameran arsip.

Kontributor: Ully Isnaeni Effendi

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.