Pembukaan Gadjah Mada Library and Archives Fair: Menguatkan Literasi dan Kemitraan untuk SDGs

Ini Dia Acara Perpustakaan yang Bikin Kamu Nggak Bisa Berkedip! Temukan Apa yang Terjadi di GMLAF 2024

Gadjah Mada Library and Archives Fair (GMLAF) resmi dibuka pada hari Senin, 19 Agustus 2024 pukul 09.00 WIB, sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis Perpustakaan dan Arsip Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pertama. Acara ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 19 hingga 22 Agustus 2024, di Perpustakaan dan Arsip UGM. Dengan mengusung semangat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) ke-4 tentang pendidikan berkualitas dan SDGs ke-17 tentang kemitraan untuk mencapai tujuan, GMLAF hadir dengan beragam kegiatan menarik yang memadukan literasi, sejarah, dan kreativitas mahasiswa.

Pembukaan GMLAF dimulai dengan laporan dari Ketua Dies Natalis, Sarwono, SIP., MA, yang memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan sejak Maret 2024 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ini. Dalam laporannya, Sarwono menekankan pentingnya peran perpustakaan dan arsip dalam mendukung keberlanjutan pendidikan dan pelestarian pengetahuan.

Kepala Perpustakaan dan Arsip UGM, Arif Surachman, SIP MBA, kemudian memberikan sambutan. Beliau menyoroti kontribusi perpustakaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. “Kami mencoba untuk menampilkan satu rangkaian acara dengan topik tertentu yang menghadirkan unsur perpustakaan, arsip, dan museum.“ ujarnya.

Sebagai tanda resmi dibukanya acara, Arif Surachman, SIP., MBA bersama Kepala Museum UGM, Dr. Tjahjono Prasodjo, M.A., melakukan pemotongan pita secara simbolis. Acara pembukaan ini dihadiri oleh para penanggung jawab perpustakaan fakultas, kepala perpustakaan berbagai institusi di Yogyakarta, serta para peserta bazar.

Rangkaian kegiatan GMLAF ini mencakup bazar buku, kuliner, tanaman, dan kreativitas mahasiswa, serta pameran perpustakaan, arsip, dan museum. Pameran ini mengeksplorasi perjalanan sejarah dan transformasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Salah satu acara unggulan pada hari pembukaan adalah Study Abroad Mini Fair, yang berlangsung dari pukul 09:00 hingga 12:00 WIB, memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai peluang studi di luar negeri. Pada hari Rabu, 21 Agustus 2024, akan diadakan juga Bedah Buku "Waste to Energy: Teknologi Pengolahan Sampah menjadi Energi" yang akan berlangsung dari pukul 09:00 hingga 12:00 WIB.

Kegiatan GMLAF menjadi momentum penting dalam memperkuat peran perpustakaan dan arsip sebagai pusat literasi, serta sebagai upaya untuk membangun kemitraan strategis yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Melalui GMLAF, Perpustakaan dan Arsip UGM berkomitmen untuk mendukung SDGs ke-4 dengan menyediakan sumber informasi yang kredibel di bazar buku, serta SDGs ke-17 dengan memperkuat kemitraan strategis melalui berbagai kolaborasi yang dihadirkan dalam acara ini.

Kontributor: Wasilatul Baroroh

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.